Lilypie Expecting a baby Ticker

Saturday, December 01, 2007

A Death In Vienna

Penerbit Qanita

Karya Frank Tallis, dengan seri The Liebermann Papers. Tokoh utama dalam novel yg bertajuk thriller psikoanalisis ini adalah dr Liebermann, seorang psikoanalis murid dari Freud, yg begitu pintar menganalisa segala hal dari sisi psikologis. Dengan kemampuan hipnosisnya, dia bisa menyembuhkan pasien yg terganggu jiwanya tanpa harus menggunakan peralatan berbahaya seperti lempengan listrik kejut.

dr Liebermann memiliki sahabat seorang inspektur detektif, Rheinhardt, yg meminta bantuannya untuk memecahkan sebuah kasus pembunuhan cenayang bernama Lotte, yg dibunuh dalam ruang tertutup dengan senjata yg tidak ditemukan!

Kegemaran Liebermann terhadap musik klasik mengingatkan kita pada Sherlock Holmes, dan setting novel ini juga mengambil waktu di mana transportasi masih bergantung pada kereta kuda.

Bahkan seorang ahli psikoanalis pun bisa memiliki konflik batin, demikian juga dengan Liebermann ketika dia bertemu dengan Miss Amelia, yg membuatnya bimbang apakah keputusannya melamar sang kekasih, Clara Weiss, adalah keputusan yg benar.

Ada juga tokoh dr Mathias, ahli otopsi yg eksentrik, yg begitu menghormati jasad-jasad yg berada di meja otopsinya.

Bagaimana Lotte dibunuh? Dan siapa pembunuhnya? Dengan psikoanalisis dan keahlian seorang cucu ahli darah, semuanya bisa dijawab.

No comments: