Lilypie Expecting a baby Ticker

Thursday, April 26, 2007

Ayat-Ayat Cinta



Habiburrahman El Shirazy
Republika

Saya lebih dulu membaca Ketika Cinta Bertasbih sebelum Ayat-Ayat Cinta. Waktu pertama kali membelinya, dan membaca cerita di awalnya, saya sempat menaruhnya kembali di dalam rak, untuk dibaca kapan-kapan, kalau tidak ada bacaan lain. Lalu saya mulai membaca karangan Kang Abik dari Cleopatra, itu pun karena ceritanya mirip dengan kisah yg real dialami teman saya. Barulah saya pikir, "Oh, saya tahu kenapa ini bisa dibilang fenomenal". Ya jarang ada pengarang Indonesia yg mengarang cerita Islami, memiliki pemahaman akan bahasa Arab yg baik, tentang adab-adab pergaulan dalam Islam, tentang hukum-hukum Islam secara umum, maupun lebih khusus. Banyak cerita Islami yg beredar, hanya mengetengahkan tentang budi baik, tanpa menggali lebih dalam tentang Islam itu sendiri. Islam yg diceritakan hanya sebatas ibadah harian, sholat, puasa, tidak pacaran, tapi belum menyentuh tentang menghapalkan Qur'an, talaaqi qiro'ati, memahami hadits, dan yg terpenting menjalankan apa yg mereka hapal, mereka pelajari, dan mereka resapi.

Andaikata lebih banyak lagi orang menulis dengan pengetahuan yg lebih dalam tentang Islam itu sendiri, yg bisa menggali semuanya, tidak hanya kulitnya saja, saya rasa bisa menggerakkan orang untuk bergaul dengan lebih syar'i, berpakaian sesuai tuntunan illahi, dan berperangai luhur bukan karena riya, tapi lebih karena memahami ajaran agamanya.

No comments: