Lilypie Expecting a baby Ticker

Thursday, April 26, 2007

To Kill A Mockingbird



Harper Lee

Qanita

To Kill a Mockingbird karya Harper Lee telah memenangkan Pulitzer pada 1961 dan terus menjadi novel best-seller hingga kini. Novel tentang kasih sayang dan prasangka.

Saya baru sekali ini membaca buku dengan genre seperti To Kill A Mockingbird. Setting ceritanya begitu jauh di masa lampau, bahkan ayah saya pun belum lahir, tahun 1935! Bercerita tentang keluarta Atticus, dari "keluarga besar Finch", seorang pengacara di kota kecil Mycomb. Pencerita dalam buku ini adalah si kecil Scout, anak perempuan Atticus yg berumur 9 tahun. (Saya sempat mengira dia seorang anak laki-laki, karena namanya, tapi nama lengkapnya Jean Louise Finch).

Cerita mengalir mulai dari kehidupan Scout bersama kakaknya, Jem (Jeremy Atticus Finch), dan teman dekat mereka yg hanya berkunjung pada musim panas, Dill (Charles Baker Harris). Kenakalan anak-anak karena rasa ingin tahu tak berbatas aturan dan etika, dan pergaulan mereka dengan para tetangga (yg terfavorit sepertinya Miss Maudie, dan Mr Arthur "Bob" Radley).

Mereka belajar tentang hidup dari kehidupan itu sendiri. Mereka belajar bahwa prasangka dapat mengalahkan akal sehat, bahwa apa yg berlaku umum dapat dijadikan hukum yg rigid dan tidak selalu membela yg benar, bahwa kasih sayanglah yg telah mempersatukan mereka sebagai satu keluarga yg bahagia.

Atticus dalam pandangan Scout kecil adalah ayah yg terhebat. Dan dia mengetahuinya tidak dari mulut sang ayah sendiri (karena menurut sang ayah kehebatan bukan untuk dipamerkan, dan dapat menjadi senjata pembunuh), tapi dari apa yg dituturkan masyarakat sekitar. Masyarakat yg aneh, dalam pandangan Scout.

Keluarga Atticus mendapat cobaan begitu berat ketika harus membela seorang Tom, pria cacat berkulit hitam, yg kalau digosok bersih akan terlihat lebih menawan, seorang bapak tiga anak, suami dari Helen, yg akhirnya divonis bersalah atas apa yg tidak dia lakukan, dan yg akhirnya belum sempat merasakan sidang bandingnya karena keburu ditembak mati ketika dikatakan akan melarikan diri dari penjara Mycomb. Scout dan Jem sendiri hampir mati dibunuh oleh orang yg telah membunuh Tom secara tidak langsung, namun selamat dengan sedikit cacat di tangan kanan Jem, karena pertolongan orang yg begitu ingin mereka temui, Boo Radley.

Kadang kita bisa terkekeh geli karena cerita keseharian anak-anak itu yg lucu...




No comments: