Lilypie Expecting a baby Ticker

Saturday, February 24, 2007

Laskar Pelangi


Andrea Hirata
Bentang Pustaka

Cerita tentang 11 anak Melayu dari Belitong, dg tokoh sentral si Ikal. Perjuangan anak-anak yg ingin sekolah, yg sekolah dg sungguh-sungguh, menghadang segala macam rintangan. Kalau dibandingkan dengan anak sekolah jaman sekarang, di mana yg terdengar hanya tawuran, MBA, cinta monyet, bagaimana menjadi trendsetter, bagaimana tampil paling keren dan gaya, bagaimana bisa mendapatkan kekasih hati, bagaimana bisa tampak paling kaya...

Memang masih banyak anak sekolah yg benar-benar berusaha mengejar cita-cita. Mungkin juga ada teman-teman Ikal lain di Jawa sini. Namun membaca Laskar Pelangi akan membuat semangat terpompa. Anak Belitong yg sengsara aja bisa berhasil, kenapa kita nggak?

Banyak hal dari pendidikan di bangku sekolah yg terabaikan. Banyak pelajar yg hanya memikirkan bagaimana mendapatkan nilai tinggi, tapi dirinya sendiri tidak bernilai. Sebagian besar pelajar bahkan tidak mengerti esensi belajar, bersekolah, menuntut ilmu, apalagi bagaimana bisa memanfaatkan ilmu untuk survive.

Kalau perlu semangat di kala jenuh untuk belajar, baca ya Laskar Pelangi. Banyak hal yg harus kita sukuri, selama kita masih bisa belajar tanpa harus memikirkan beban hidup yg begitu berat.

No comments: