Lilypie Expecting a baby Ticker

Saturday, February 24, 2007

Sang Pemimpi


Andrea Hirata
Bentang Pustaka

Kekuatan mimpi dapat membawa keberhasilan. Siapa yg tidak percaya, boleh baca buku ini.

Yang dimaksud dg mimpi bukan sekedar mimpi, tapi mimpi yg dikejar dengan usaha keras, berjuangan tiada henti. Doa tiada akhir. Keuletan dan ketabahan menghadapi kerasnya tantangan, ketiadaan, dan persaingan, pada akhirnya akan membuahkan keberhasilan.

Cerita tentang dua pemuda Belitong, Arai(anak yatim piatu) dan Ikal, yg berhasil mencapai mimpi, walaupun harus melalui alternative route yg begitu panjang. Tidak ada jalan yg begitu lurus dan mulus untuk mencapai cita-cita. Semuanya harus diperjuangkan.

Bahkan dalam kemiskinan, mereka masih berpikir untuk membantu orang yg lebih miskin lagi, dengan cara yg bijak pula, bukan memberi ikan, tapi memberi kail. Setelah kail diberikan, diajarkan bagaimana menggunakannya. Terlihat saat Arai membantu memberikan bahan untuk membuat kue, pada saudara Ikal yg sungguh miskin hingga berhutang beras pada ibu Ikal. Mereka berdua bahkan membantu menjualkan kuenya.

Mereka mau bekerja apa saja asalkan halal, untuk tetap survive. Mereka rela sedikit tidur banyak bekerja, demi menuntut ilmu di PTN terkemuka di Jakarta.

Sudahkah kita bersyukur dengan nikmat yg diberikan-Nya? Ataukah kita masih terus mengeluh, padahal ada Ikal dan Arai, yg begitu tangguh mengarungi hidup.

Laa yukallifulloohu nafsan illaa wus'aHa... (QS 2:286)

No comments: