Lilypie Expecting a baby Ticker

Wednesday, June 20, 2007

Ahkamul Janaiz













Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani
Ash-Shof Media

"Tiap-tiap yg berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kalian dikembalikan" (Al Anbiya : 35)

Kalaulah saya tidak bisa menyelenggarakan jenazah orang-orang tercinta sesuai dengan tuntunan Rasululloh SAW karena ketidaktahuan saya waktu itu, semoga saja dengan membaca buku ini saya jadi bisa. Paling tidak saya bisa berwasiat pada orang-orang terdekat saya tentang hal ini, agar mereka menyelenggarakan jenazah saya hanya dengan cara-cara yg telah dicontohkan oleh Rasululloh SAW.

Buku ini mengulas mengenai tuntunan pengurusan jenazah dan ziarah kubur. Dimulai dari perlakuan terhadap si sakit, sikap yg seharusnya dilakukan oleh orang yg sakit terutama yg sakit keras, bagaimana mentalqin orang yg sedang menghadapi maut (tidak sekedar membacakan Laa ilaha illallooh di dekat orang yg akan mati, tapi juga menuntunnya agar mengucapkan kalimat tsb), sikap yg harus dilakukan keluarga dan orang-orang yg hadir di tempat orang yg akan meninggal dan atau sudah meninggal (apa yg boleh dan haram), tanda-tanda orang yg khusnul khotimah, tata cara penyelenggaraan jenazah (memandikan, mengkafani, mengangkat dan mengantarkannya, menyolatkan jenazah, dan penguburannya), adab-adab ta'ziyah, hal-hal yg bermanfaat bagi mayit, ziarah kubur, hal-hal yg diharamkan di sekitar kubur, dan bid'ah-bid'ah seputar jenazah sebagai penutupnya.

Sungguh banyak pelajaran yg bisa diambil dari buku ini, di dalamnya terdapat hadits-hadits rujukan yg shahih, hasan, maupun yg dhaif, sehingga jelas bagi pembacanya, mana yg harus dijalankan dan mana yg tidak. Hanya tinggal pilihan, apakah akan dijalankan sesuai petunjuk Rasululloh, atau terlalu takut pada kata orang dan terlalu tunduk pada ajaran leluhur/nenek moyang.

No comments: